Air Terjun Sri Gethuk: Pesona Ngarai Berselimutkan Eksotisnya Tebing Karst

Mengisi waktu liburanan di Yogyakarta belum lengkap rasanya jika anda melewatkan obyek wisata alam air terjunnya. Propinsi yang masyur dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat-nya ini memilii begitu banyak tempat tujuan rekreasi air terjun. Salah satu air terjun indah dan mempesona dan dijumpai di Gunung Kidul. Kabupaten yang berada di bagian tenggara Kota Yogyakarta ini memiliki kekayaan wisata alam air terjun yang kini namanya tengah naik daun, yaitu Air Terjun Sri Gethuk.

Curug yang terletak di Dusun Manggoran, Desa Blaberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul ini menyimpan eksotisme tebing bak grand canyon Arizona di Amerika Serikat sobat travellers. Meski tak sedahsyat grand di Negeri Paman Sam, tetapi  air terjun yang berada di jalur sungai Oya ini berhasil memikat wisatawan tak hanya domestik tetapi juga mancanegara.

Mendengar namanya yang tengah banyak disebut di kalangan pecinta wisata alam dan banyak wisatawan lain, kami pun akhirnya menyempatkan mengunjungi objek wisata populer di kabupaten yang mayoritas bertanah karst ini.

Untuk dapat menuju ke lokasi air terjun Sri Gethuk, anda diharuskan membayar tiket masuk dengan harga Rp. 10.000/orang.Harga tiket ini sudah termasuk memasuki kawasan wisata Goa Rancang Kencana. Sebelum menikmati air terjun Sri Gethuk, Anda dapat melakukan tur bernuansa sejarah di Goa Rancang Kencana terlebih dahulu. Setelah puas dengan sajian sejarah yang di jelaskan oleh tour guide yang ada di situs Goa bersejarah ini, anda bisa melanjutkan perjalanan ke objek wisata utama yaitu, Air Terjun Sri Gethuk.

Perjalanan ke air terjun tersebut dapat dilakukan dengan menyusuri jalan kecil yang berada tepat di sisi area parkir. Disarankan untuk menaiki kendaraan karena lokasinya yang lumayan jauh jika anda berjalan kaki. Lagi pula,  akses pintu keluarnya berada di dekat obyek wisata air terjun.

Sesampainya di lokasi wisata, anda dapat memilih dua akses jalur menuju air. Yaitu dengan perahu rakit yang dijalankan oleh penduduk setempat atau menyusuri jalan setapak. Kala itu, kami memilih menyusuri sungai Oya menggunakan perahu rakit. Harga sewa perahu rakit ini cukup terjangkau, yaitu Rp.10.000/orang untuk perjalanan pulang pergi.

Menyusuri sungai Oya dengan perahu rakit untuk menuju ke air terjun Sri Gethuk ini merupakan momen yang mengasyikan.  Anda bisa melihat tebing Karst yang ditumbuhi pepohonan hijau membentang di kanan kiri sungai sejauh mata memandang. Hmmm.. kemolekan alamnya sungguh menggoda untuk diabadikan. Anda yang hobi ber- ber-insta story sepertinya wajib mengabadikan potret diri.

Setelah anda asyik mengabadikan potret diri berlatarbelakangkan tebing Karst, air terjun Sri Gethuk siap memanjakan  dengan gemericik air yang turun dari air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

Air yang turun dari Sri Gethuk ini tidak terkumpul membentuk kolam renang. Namun tak usah khawatir, anda tetap bisa bermain air di aliran bagian bawah air terjun Sri Gethuk sambil menikmati suasana alam dan berfoto bersama keluarga, sahabat atau pasangan,  atau menjajal adrenalin dengan aktivitas Cliff Jumping di sungai Oya.

Puas bermain di area curug Sri Gethuk anda dapat mencicipi kelapa bakar yang dijual di sekitar lokasi wisata air terjun sambil bersantai dan melepas lelah. Hmm..penasaran seperti apa rasanya menikmati kelapa bakar sembari ditemani nyanyian alam dari gemercik air terjun? Yuk ke Air Terjun Sri Gethuk!