Pantai Ngedan: Pesona Pantai Baru Berpasir Putih di Gunung Kidul

Sobat travellers, apa yang Anda lakukan untuk mengisi hari libur? Bersantai di rumah bersama keluarga, hang out bersama sahabat, atau menjelajah obyek wisata? Jika Anda memilih untuk menjelajah obyek wisata yang ada di Yogyakarta,  wisata pantai Gunung Kidul bisa menjadi alternatif

Gunung Kidul memiliki destinasi wisata pantai yang sangat beragam. Tentunya Anda mengenal Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Drini, atau Indrayanti bukan?! Pantai-pantai tersebut selalu ramai dipadati oleh pengunjung tak hanya di musim liburan saja sobat, melainkan juga hari libur biasa. Jika Anda pernah dan sering berkunjung ke pantai-pantai tersebut, tentunya akan merasa bosan dan ingin menjelajah pantai baru untuk Anda sambangi.

Pantai yang terletak di Padukuhan Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari ini tergolong masih baru dan belum banyak dikunjungi karena sedang dalam proses pengembangan. Dulu, pantai ini bernama Ngedan, tetapi karena konotasi katanya yang cenderung negatif pemerintah kabupaten Gunung Kidul mengganti nama Pantai Ngedan menjadi Pantai Ngeden. Sebagai informasi edan merupakan kata dalam bahasa Jawa yang berarti gila.

Lanjut ke soal tiket. Harga tiket untuk memasuki kawasan Pantai Ngeden ini terbilang murah. Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 5000/orang untuk memasuki kawasan pantai nan eksotis ini. Lokasi Pantai Ngedan ini lumayan jauh dari pintu masuk obyek wisata, sebelum menjumpai hamparan pantai, pengunjung akan melewati pemukiman warga setempat yang kemudian berlanjut dengan jalan setapak sempit di kelilingi area persawahan. Anda juga perlu berhati-hati jika berpapasan dengan pengendara mobil maupun motor yang juga tengah berkunjung ke pantai ini.

Meski jarak lokasi obyek wisata pantai yang ditempuh cukup jauh dari pintu masuk serta akes jalur yang sempit, rasa penat Anda di sepanjang perjalanan akan terbayarkan begitu sampai di Pantai Ngedan. Pantai Ngedan akan menyambut Anda dengan hamparan pasir putih yang cantik dan gulungan ombak yang menepis batu karang. Pemandangan lepas pantainya yang menenangkan hati dipercantik dengan tebing kokoh berselimutkan pepohonan hijau di sisi kanan kirinya menyejukkan mata.

Meski disekitar pantai terdapat batu karang, tak perlu khawatir, Anda tetap bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bermain air, mencari ikan-ikan kecil yang menghuni lubang-lubang terumbu karang atau sekedar ber-selfie ria bersama sahabat, keluarga atau pasangan. Selain itu, Anda juga dapat menyisiri jalan setapak yang berada dekat dengan tenda-tenda makanan penduduk setempat menuju gardu pandang yang terletak di atas bukit. Dari tempat ini, Anda bisa menikmati Pantai Ngedan dari ketinggian.